Berbagai informasi tentang kesehatan dan kecantikan yang sangat bermanfaat bagi anda untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang hal hal seputar kesehatan dan kecantikan

19 May 2014

Sejarah Batik di Museum Textil Jakarta


Koleksi yang terdapat didalam museum tekstil di Jakarta salah satunya ialah batik. tentunya engkau sudah familiar 1 kali dengan kain klasik ini. Batik berasal dari istilah dialek jawa yakni amba yang artinya mencatat dan titik. foto batik dihasilkan dari komponen yang dikatakan dengan malam yang dilukiskan di atas kain, dengan tujuan untuk menahan masuknya bahan pewarna. Batik datang dengan mempunyai corak warna yang mewakili ciri khas hendak periode yang terbikin pada dikala itu.

Zaman yang berawal dari kerajaan Mataram Hindu hingga datangnya para pedagang Cina, India, Arab, kemudian datang lagi sekelompok pedagang yang berasal dari Eropa. Akhirnya, sampai berdirinya kerajaan Mataram Islam bahkan didirikan keraton yang berasal dari Yogyakarta ataupun Surakarta, disaat itulah tersedia batik bahkan hingga disaat ini, batik semakin berkembang.

Sejarah perkembangan batik mulai pada era 17. Batik berasal dari abad nenek moyang yang sudah dilukis dan ditulis di atas daun lontar. Batik yang ditulis dalam daun tersebut, motifnya kerap sederhana, yakni senantiasa dalam bentuk tumbuhan dan hewan. setelah itu, klasik kelamaan motif batik merasakan perkembangan membikin makin beragam, yakni motif absurd yang duplikat dengan awan, wayang, ataupun cukilan candi yang diartikan di atas kain putih efek kreasi dari menenun sendiri.

Setelah bagian motif batik pernah mengalami perkembangan, kemudian bahan-bahan yang digunakan bagi mengenakan pencampuran warna batik. Bahan-bahan yang digunakan bagi membentuk model pada pembuatan batik berasal dari pohon asli Indonesia. tanaman yang bisa dijadikan sebagai corak yakni misal sebentuk tumbuhan mengkudu, soga, maupun nila. Lalu, bahan dari garam, diantaranya wilayah lumpur, sementara instrumen sodanya berasal dari natrium karbonat abu.

Setelah belakang zaman 18 atau asal mula era 19, batik diawali berkembang serta semakin meluas. Dengan komoditas batik tulis yang dibentuk maupun dikenal hingga hingga asas era 20. Kemudian, didalam 1920, batik cap distart dikenal oleh masyarakat, didalam disaat bertepatan dengan berakhirnya perang dunia yang pertama.

Pakaian batik pada abad terlebih dahulu cuman dikhususkan untuk kalangan famili kerajaan Indonesia serta keraton. sampai waktu ini, batik betul-betul digemari oleh semua kalangan. Biasanya, batik disematkan untuk menghadiri acara-acara kritis. Batik bahkan ketika itu telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Demikian informasi mengenai Museum Batik Jakarta bahkan asal-usul terbentuknya batik. Semoga info tentang museum batik dapat meledakkan pandangan engkau.

Sejarah Batik di Museum Textil Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bp. Mardijono

0 comments:

Post a Comment