Batik Pekalongan Dengan Motif Batiknya Yang Terkenal Indah

Pembahasan terkait batik Indonesia tentu tidak akan bisa dilepas kaitannya dengan batik Pekalongan. Mengapa? Karena batik dari kota ini terkenal akan corak dan motif batiknya yang indah dan dinamis dalam arti lebih cepat berkembang dibandingkan batik dari berbagai daerah di Indonesia yang ditandai dengan munculnya motif motif baru yang merupakan hasil karya perajin batik masa kini. Selain karena motifnya yang dinamis, baju batik Pekalongan juga dikenal karena harganya yang relative murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Batik Pekalongan

batik pekalongan


Batik Pekalongan juga merupakan jenis batik yang sangat popular dan digemari oleh masyarakat pecinta batik Indonesia. Tidak mengherankan bila anda mengunjungi sebuah toko grosir batik baik yang online maupun toko konvensional, anda pasti akan menjumpai aneka produk batik seperti baju batik wanita, busana pria seperti kemeja atau hem, sprei, daster serta aneka kerajinan dengan bahan dasar kain batik dengan motif khas Pekalongan.

Bagaimana dengan sejarah batik Pekalongan? Tidak ada riwayat resmi mengenai kapan pastinya seni batik ini masuk ke Pekalongan. Menurut para ahli, seni batik sudah ada di Pekalongan di sektiar tahun 1800-an, karena berdasarkan catatan Deperindag ada kain batik yang dibuat pada tahun 1802 dengan motif atau hiasan semacam pohon kecil.

Seni batik di kota ini mulai berkembang pasca perang Diponegoro (1825 – 1830) dimana keluarga kesultanan Mataram yang meninggalkan keraton menyebar ke arah timur dan barat, termasuk ke Pekalongan. Mereka inilah yang kemudian berperanan sangat penting dalam mengembangkan batik Pekalongan. Seni batik yang memang sebelumnya sudah ada di kota tersebut, menjadi semakin berkembang dengan kedatangan keluarga kerajaan Mataram. Perkembangan pesat terutama di daerah daerah pesisir seperti Pekalongan kota, Wonopringgo, Pekajangan dan Buaran.

Motif Batik Pekalongan

Sampai sekarang motif batik Pekalongan sudah mengalami perkembangan yang cukup cepat, melebihi daerah lain seperti batik Solo dan Yogya. Ciri khas batik Pekalongan diantaranya adalah pemakaian ragam hias berbentuk tumbuh tumbuhan yang realistis. Ciri khas ini tetap bertahan terutama disebabkan oleh fakta bahwa industri batik di Pekalongan terdiri dari ratusan pengusaha rumahan atau pengusaha kecil dan kegiatan membatik kebanyakan juga dilakukan di rumah maka seni batik seakan menyatu dengan kehidupan mereka. Di bawah ini beberapa contoh gambar  motif batik Pekalongan

batik pekalongan
motif batik pekalongan
batik pekalongan modern

Secara singkat ciri khas motif batik Pekalongan adalah sebagai berikut:
  • Motif batik Jlamprang yang merupakan motif batik asli Pekalongan yang berbentuk seperti nitik dan digolongkan sebagai motif geometris. Motif Jlamprang kemungkinan dikembangkan oleh seniman batik keturunan Arab. 
  • Motif Semen yang merupakan motif batik Pekalongan klasik sekilas mirip dengan Semen dari Solo dan Yogya yang menggunakan ragam hias garuda dan tumbuhan. Bedanya, motif semen Pekalongan tidak menggunakan ceceg atau titik. 
  • Adanya pengaruh budaya Cina pada motif Pekalongan, misalnya seperti motif batik burung Phoenix, naga dan Liong. 
  • Ciri yang lain adalah penggunaan warna cerah seperti merah, hijau, biru, orang, kuning dan lain lain yang secara umum berbeda dengan batik Yogya dan Solo yang kebanyakan menggunakan warna warna sogan (coklat, hitam) 
  • Kemidian cirri khas motif batik Pekalongan yang paling menonjol adalah penggunaan ragam hias yang berbentuk nyata serta banyak menggunakan ceceg. 

 

Baju Batik Pekalongan

Di pasaran akan banyak kita jumpai aneka jenis baju batik Pekalongan modern yang lebih banyak menggunakan motif batik kontemporer yaitu motif baru hasil kreatifitas para perajin batik masa kini. Atau bisa juga motif kombinasi, yaitu gabungan dari beberapa motif batik klasik yang membentuk ragam hias yang baru. Berikut contoh gambar busana batik khas Pekalongan modern yang akan dengan mudah anda jumpai dijual di toko maupun butik batik online.
baju batik pekalongan
baju batik pekalongan murah
baju batik pekalongan modern
batik pekalongan pria
sarimbit batik pekalongan
busana batik pekalongan

Inilah sedikit ulasan mengenai batik Pekalongan dengan motif batiknya yang terkenal indah baik yang klasik maupun motif modern. Dan selain indah, batik asal kota ini juga terkenal dengan harganya yang relative murah.
Review Oleh: Sehat Cantik
Batik Pekalongan Dengan Motif Batiknya Yang Terkenal Indah, Pada: 28 May 2013 - Rating: 100% 10000

No comments: