Berbagai informasi tentang kesehatan dan kecantikan yang sangat bermanfaat bagi anda untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang hal hal seputar kesehatan dan kecantikan

07 December 2011

Vitamin dan Mineral Yang Sangat Dibutuhkan Wanita

Semua manusia baik pria maupun wanita membutuhkan vitamin atau supplement untuk kesehatannya. Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa pria dan wanita memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda beda oleh karena pria dan wanita memiliki system hormone yang berbeda.

Sumber vitamin yang terbaik tentu saja adalah dari bahan makanan. Namun jika vitamin yang kita dapatkan dari bahan makanan tidak mencukupi, kita bisa mendapatkannya melalui vitamin tambahan. Berikut ini adalah beberapa nutrisi atau vitamin yang sangat dibutuhkan oleh wanita:

1. Asam Folat 
Folat atau asam folat sintesis adalah vitamin B yang sangat penting terutama bagi wanita hamil. Kekurangan vitamin ini pada wanita hamil dapat menyebabkan bayi yang dikandungnya terlahir tidak sempurna. Vitamin B sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel sel tubuh. Folat juga dapat berfungsi untuk menstabilkan perubahan mood atau suasana hati, terlebih saat PMS (Premenstrual Syndrome) yaitu sebuah syndrome yang muncul ketika seorang wanita mendekati masa dating bulannya (menstruasi) dan memasuki masa menapouse. Bahan makanan yang merupakan sumber vitamin B ini diantaranya adalah kacang-kacangan, bayam dan sayuran hijau tua lainnya, roti, pasta serta gandum.

2. Kalsium 
Berperan utama sebagai pembentuk tulang dan gigi, Kalsium memegang peranan penting. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa kalsium juga dapat mengurangi faktor resiko kanker payudara. Sama halnya dengan folat, kalsium juga berperan dalam mengatasi premenstrual syndrome. Untuk itu wanita perlu mengkonsumsi 1,000 mg setiap harinya. Sedangkan untuk wanita pasca menapouse, mengkonsumsi kalsium 1200 mg setiap harinya dapat mencegah osteoporosis. Bahan makanan yang merupakan sumber kalsium diantaranya adalah: susu, keju, es krim, kacang almond dan brokoli

3. Zat Besi
Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena fungsi zat besi adalah untuk mengantarkan O2 ke dalam sel sel tubuh. Ketika zat besi di dalam tubuh kita kadarnya rendah, maka kita akan cepat merasa lelah. Wanita biasanya akan membutuhkan asupan zat besi yang meningkat pada saat menstruasi. Kebutuhan akan zat besi juga akan meningkat pada wanita yang sedang hamil, dikarenakan pada saat kehamilan tubuh pun mengalami peningkatan sirkulasi. Bahan makanan yang merupakan sumber zat besi diantaranya adalah daging sapi, unggas dan ikan yang mengandung zat besi heme. Untuk membantu penyerapan zat besi heme ini dibutuhkan suplai vitamin C. Sedangkan sumber zat besi non heme diantaranya adalah kacang-kacngan dan sayuran hijau tua.

4. Omega 3 
Omega 3 adalah sejenis lemak yang adapat megurangi resiko stroke dan penumpukan trigliserida di dalam darah. Selain itu Omega 3 juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik. Omega 3 bisa dikatakan sebagai nutrisi super karena banyaknya manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh. Bahan makanan sumber omega 3 diantaranya adalah ikan salmon dan teri.

5. Vitamin D 
Vitamin D mempunyai fungsi untuk memaksimalkan penyerapan kalsium sehingga dapat mengurangi resiko osteoporosis. Studi menunjukkan bahwa Vitamin D juga mengurangi resiko kanker payudara, kanker ovarium dan kanker kolon atau usus besar. Sumber vitamin D diantaranya adalah ikan salmon, minyak ikan dan sereal. Selain dari bahan makanan, berjemur selama beberap menit di sekitar jam 7 - 8 pagi tanpa juga dapat membantu mendapatkan vitamin D karena tubuh mampu mensintesis vitamin D dengan bantuan sinar mentari pagi.

Demikianlah beberapa mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh wanita. Semoga bermanfaat.

Vitamin dan Mineral Yang Sangat Dibutuhkan Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bp. Mardijono

0 comments:

Post a Comment